PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIVE MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING DENGAN COURSE REVIEW HORAY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model Student Fasilitator and Explaining dengan metode Course Review Horay pada siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Kutacane. Setelah diberikan perlakuan kepada kedua kelas diberi post-test, nilai rata – rata kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran kooperative model Student Fasilitator and Explaining adalah 75,55 sedangkan kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran Course Review Horay adalah 72,92. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t ( uji t ) dengan kriteria pengujian : Ha diterima jika thitung> ttabel ,dimana ttabel diperoleh dari daftar distribusi t dengan taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 1,130 sedangkan ttabel = 1,998. Sehingga thitung< ttabel. Hal ini menunjukkan Ha ditolak dan Ho diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatip model Student fasilitator and Explaining hasilnya sama dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Course Review Horay dengan selisih 3,56 % pada siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Kutacane.