PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model ADI terhadap kemampuan argumentasi siswa berdasarkan perbedaan gender. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan desain Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design. Data diambil dengan pretes dan postes essai keterampilan argumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; penerapan model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa, terlihat pada nilai sig. 0,02 pada siswa perempuan dan 0,01 pada siswa berjenis kelamin laki-laki: terdapat perbedaan keterampilan argumentasi antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki, terlihat pada perolehan nilai sig. dan  nilai N-Gain. Siswa perempuan memeperoleh N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan siswa laki-laki memperoleh N-Gain 0,63 pada kategori sedang setelah diterapkan model ADI, sehingga dapat disimpulkan siswa perempuan memiliki keterampilan argumentasi lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.