PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL LATIHAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELISTRIKAN

Abstract

Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa SMA YP UNILA Bandar Lampung tidak pernah menggunakan media pembelajaran berupa video tutorial penyelesaian soal-soal pada materi fisika khususnya kelistrikan, sehingga pembelajaran siswa kurang berkesan dan kurang memahami konsep. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan video tutorial penyelesaian soal untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelistrikan SMA yang tervalidasi. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model ADDIE yang meliputi tahapan: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh validator video tutorial mencakup desain dan materi dan diuji tingkat kemenarikan dan kemudahannya. Hasil uji coba dari produk video tutorial yang dikembangkan desainnya valid (skor 3,25); materi soalnya sangat valid (skor 3,50); menarik (skor 3,16); sangat mudah digunakan (skor 3,33).