PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL LATIHAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELISTRIKAN

Raras Dwi Putri Septianty, Nengah Maharta, Wayan Suana

Abstract


Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa SMA YP UNILA Bandar Lampung tidak pernah menggunakan media pembelajaran berupa video tutorial penyelesaian soal-soal pada materi fisika khususnya kelistrikan, sehingga pembelajaran siswa kurang berkesan dan kurang memahami konsep. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan video tutorial penyelesaian soal untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kelistrikan SMA yang tervalidasi. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model ADDIE yang meliputi tahapan: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh validator video tutorial mencakup desain dan materi dan diuji tingkat kemenarikan dan kemudahannya. Hasil uji coba dari produk video tutorial yang dikembangkan desainnya valid (skor 3,25); materi soalnya sangat valid (skor 3,50); menarik (skor 3,16); sangat mudah digunakan (skor 3,33).

Full Text:

PDF

References


Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. Pace University. Diakses tanggal 10 November 2017 dari http://www.pace.edu/ctlt/newsletter.

Clossen, A. S. (2014). Accessibility, Universal Design, and Human-Centered Design in Video Tutorials. Jurnal Research & Practice, 2(1), 27.

Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: an outline of critical thinking disposition and abilities. Konferensi Internasional Berpikir ke-6. USA: MIT USA.

Llyod, M. & Bahr, N. (2010). Thinking critically about critical thinking in higher education. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning, 4(2), 1-16.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi (Gunung Persada Press Group).

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan”,tanggal 27 Juli 2017 . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyanto, E. & Sartinem. (2009). Pengembangan contoh lembar kerja fisika siswa dengan latar penuntasan bekal awal ajar tugas studi pustaka dan keterampilan proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009, 1(6), tanggal 5 Desember 2009. Lampung: Universitas Lampung.

Wati, R., Rusmansyah., & Sholahuddin, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koloid melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2), 20-31.

Wicaksono, B. A. (2013). Pengembangan Media Tutorial Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.