Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Arab di MI

Abstract

<p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah. Kesulitan tersebut dikarenakan dalam mempelajari bahasa arab dibutuhkan kejelian dalam memahaminya. Hal ini ditambah dengan kurangnya guru dalam menggunakan metode yang tepat dalam mengajarkan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model <em>cooperative learning</em> tipe <em>think pair share </em>berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab di MIN Kota Cirebon.<em> </em>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan <em>Pretest-Posttest Control Group Design</em> dengan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data angket, uji n-gain dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan model <em>cooperative learning</em> tipe <em>think pair share </em>adalah sangat positif, yakni sebesar 80,4%. Sementara itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 0,588 (dalam kategori sedang), dimana nilai rata-rata pretes sebesar 46 dan nilai rata-rata postes sebesar 78. Sedangkan penggunaan model <em>cooperative learning</em> tipe<em> think pair share </em>berpengaruh<em> </em>terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab materi qiroh’ah di kelas V MI Negeri Kota Cirebon.</p><p>Kata kunci: <em>think pair share, hasil belajar bahasa arab</em><em></em></p><p align="center"><strong>Abstract</strong></p><p>Arabic learning is one of the subjects that is difficult for students of Madrasah Ibtidaiyah. The difficulty is because in learning Arabic it takes a carefulness in understanding it. This is coupled with the lack of teachers in using the right method of teaching Arabic. This study aims to determine whether the use of cooperative learning type think pair share effect on student learning outcomes on learning Arabic in MIN Cirebon City. This research is a quantitative research using Pretest-Posttest Control Group Design with data collection techniques such as test, questionnaire, and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques used are questionnaire data analysis, n-gain test and regression test. The results of this study showed that students' responses to the use of cooperative learning model type think pair share is very positive, that is equal to 80.4%. Meanwhile, the learning result of the experimental class students experienced a significant increase of 0.588 (in the medium category), where the average pretest value was 46 and the average value of postes was 78. While the use of cooperative learning type think pair share influence on the results student learning on Arabic subject matter of qiroh'ah in class V MIN of Cirebon City.</p><p>Keywords: <em>think pair</em><em> </em><em>share,</em><em> </em><em>arabic </em><em>learning </em><em>outcomes</em></p>