Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Arab di MI

Latifah Latifah(1*), Nur Aviya(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah. Kesulitan tersebut dikarenakan dalam mempelajari bahasa arab dibutuhkan kejelian dalam memahaminya. Hal ini ditambah dengan kurangnya guru dalam menggunakan metode yang tepat dalam mengajarkan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model cooperative learning tipe think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab di MIN Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data angket, uji n-gain dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan model cooperative learning tipe think pair share adalah sangat positif, yakni sebesar 80,4%. Sementara itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 0,588 (dalam kategori sedang), dimana nilai rata-rata pretes sebesar 46 dan nilai rata-rata postes sebesar 78. Sedangkan penggunaan model cooperative learning tipe think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab materi qiroh’ah di kelas V MI Negeri Kota Cirebon.

Kata kunci: think pair share, hasil belajar bahasa arab

Abstract

Arabic learning is one of the subjects that is difficult for students of Madrasah Ibtidaiyah. The difficulty is because in learning Arabic it takes a carefulness in understanding it. This is coupled with the lack of teachers in using the right method of teaching Arabic. This study aims to determine whether the use of cooperative learning type think pair share effect on student learning outcomes on learning Arabic in MIN Cirebon City. This research is a quantitative research using Pretest-Posttest Control Group Design with data collection techniques such as test, questionnaire, and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques used are questionnaire data analysis, n-gain test and regression test. The results of this study showed that students' responses to the use of cooperative learning model type think pair share is very positive, that is equal to 80.4%. Meanwhile, the learning result of the experimental class students experienced a significant increase of 0.588 (in the medium category), where the average pretest value was 46 and the average value of postes was 78. While the use of cooperative learning type think pair share influence on the results student learning on Arabic subject matter of qiroh'ah in class V MIN of Cirebon City.

Keywords: think pair share, arabic learning outcomes


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akhyak. (2005). Profil Pendidik Sukses. Surabaya: eLKAF.

Azizah, N. L. (2010). Penerapan Pelajaran Kooperatif Metode Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswi Kelas VII MTs. Skripsi: Jurusan Sastra Arab, Universitas Negeri Malang.

Dewi, C. (2015). Penerapan Model Pelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(2), 155-167.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indahsari, D. N., Widihastrini, F., & Sulistiyorini, S. (2013). Peningkatan Kualitas Pelajaran IPA melalui Model TPS Berbantuan Macromedia Flash. Joyful Learning Journal, 2(3), 47-54.

Kusumastuti, A., & Susilo, K. (2013). Peningkatan Kualitas Pelajaran IPS Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Video Pelajaran pada Siswa Kelas V A SDN Bojong Salaman 02 Kota Semarang. Joyful Learning Journal, 2(3), 63-69.

Masrifah, Z. (2010). Penerapan Pelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Keterampilan Membaca Bahasa Arab di MTsN 2 Malang. Skripsi: Jurusan Sastra Arab, Universitas Negeri Malang.

Muharamsyah, D., Hardhienata, S., & Entang, M. (2016). Penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas X SMA Terpadu Al Ma'shum Mardiyah Cianjur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 27-37.

Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. diterjemahkan oleh Nurlita. Bandung: Nusa.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta.

Sumantri, M. (2015). Strategi Pelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2641

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com