IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Pendidikan multikultural diharapkan mampu menjadi solusi terbaik dalam menangani keragaman yang ada, baik itu budaya, agama, etnis, dan sebagainya dengan cara menumbuhkan semangat metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis etnografi, penelitian ini bermaksud memahami strategi guru dalam pembelajaran multikultural, apa yang dialami subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Hasil dalam penelitian ini adalah, ada beberapa nilai yang harus diterapkan oleh guru dalam pendidikan multicultural di sekolah, diantaranya: Membangun paradigm keberagamaan inklusif, Menghargai keragaman bahasa, Membangun sikap sensitif gender, Membangun pemahaman kritis terhadap ketidakadilan dan perbedaan status social. Guru atau dosen perlu memahami konsep dasar pendidikan multicultural agar nilai-nilai utama yang terkandung dalam strategi pendidikan tersebut dapat diajarkan sekaligus dpraktekkan di hadapan para siswa.