IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Pendidikan multikultural diharapkan mampu menjadi solusi terbaik dalam menangani keragaman yang ada, baik itu budaya, agama, etnis, dan sebagainya dengan cara menumbuhkan semangat  metode   dalam  penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  deskriptif  dengan jenis  etnografi,  penelitian  ini  bermaksud  memahami  strategi  guru  dalam  pembelajaran multikultural, apa  yang  dialami subjek  penelitian  secara  holistik,  dan  dengan  cara  deskriptif  dalam  bentuk  kata-kata  dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.  Hasil dalam penelitian ini adalah, ada beberapa nilai yang harus diterapkan oleh guru dalam pendidikan multicultural di sekolah, diantaranya: Membangun paradigm keberagamaan inklusif, Menghargai keragaman bahasa, Membangun sikap sensitif gender, Membangun pemahaman kritis terhadap ketidakadilan dan perbedaan status social. Guru atau dosen perlu memahami konsep dasar pendidikan multicultural agar nilai-nilai utama yang terkandung dalam strategi pendidikan tersebut dapat diajarkan sekaligus dpraktekkan di hadapan para siswa.