IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Pondra Muliawan STIT Darul Ishlah

Keywords:

pendidikan, multikultural, pembelajaran

Abstract

Pendidikan multikultural diharapkan mampu menjadi solusi terbaik dalam menangani keragaman yang ada, baik itu budaya, agama, etnis, dan sebagainya dengan cara menumbuhkan semangat  metode   dalam  penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  deskriptif  dengan jenis  etnografi,  penelitian  ini  bermaksud  memahami  strategi  guru  dalam  pembelajaran multikultural, apa  yang  dialami subjek  penelitian  secara  holistik,  dan  dengan  cara  deskriptif  dalam  bentuk  kata-kata  dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.  Hasil dalam penelitian ini adalah, ada beberapa nilai yang harus diterapkan oleh guru dalam pendidikan multicultural di sekolah, diantaranya: Membangun paradigm keberagamaan inklusif, Menghargai keragaman bahasa, Membangun sikap sensitif gender, Membangun pemahaman kritis terhadap ketidakadilan dan perbedaan status social. Guru atau dosen perlu memahami konsep dasar pendidikan multicultural agar nilai-nilai utama yang terkandung dalam strategi pendidikan tersebut dapat diajarkan sekaligus dpraktekkan di hadapan para siswa.

References

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1).

Maslikhah, Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Reconstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan, Surabaya: JP Books. 2007.

Gary Flewelling and William Higginson. 2003. Teaching with Rich Learning Tasks. Adelaide: The Australian Association of Mathematic Teacher. Page. 189.Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural72

Zakiyuddin Baidhawi. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. Hal. 114-115

Arifudin, I. (2007). Urgensi implementasi pendidikan multikultural di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 220-233.

Hujair A.H. Sanaky, “Pembaharuan Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani”, dalam Jurnal Mukaddimah No. 8 V/1999 (Yogyakarta: 1999)

Downloads

Published

13-12-2022

How to Cite

Muliawan, P. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 2(2), 37–44. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/29