Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal
Abstract
Standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini termasuk internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam pada Raudhatul Athfal sering mengalami problematika. Penanaman nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini merupakan sesuatu yang bersifat abtrak, maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat yang dilakukan oleh guru dalam menanamakan nilai abstrak tersebut kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di Raudhatul Athfal ASy-Syafi’iyah Kendari. Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif dengan diskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokus penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2022 dengan informan yaitu kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam pada anak di Raudhatul Athfal Asy-Syafi’yah Kendari dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. Nilai Pendidikan Agama Islam yang diinternalisasikan pada anak adalah nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak.