Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal

Abstract

Standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini termasuk internalisasi  nilai Pendidikan  Agama Islam  pada Raudhatul Athfal  sering mengalami problematika. Penanaman nilai Pendidikan  Agama Islam  pada anak usia dini  merupakan sesuatu yang bersifat abtrak, maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat yang dilakukan oleh guru  dalam menanamakan nilai abstrak tersebut kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan  menganalisis   internalisasi nilai Pendidikan Agama  Islam  dalam  pembelajaran di Raudhatul Athfal ASy-Syafi’iyah Kendari.  Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif dengan diskriptif analisis. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan  dokumentasi. Lokus penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret  sampai bulan Mei  2022 dengan informan yaitu kepala sekolah dan guru.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa:  proses internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam  pada anak di Raudhatul Athfal Asy-Syafi’yah Kendari dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.  Nilai Pendidikan Agama Islam yang diinternalisasikan pada anak  adalah nilai  aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak.