Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal

Main Article Content

Sufiani Sufiani
Aris Try Andreas Putra
Raehang Raehang

Abstract

Standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini termasuk internalisasi  nilai Pendidikan  Agama Islam  pada Raudhatul Athfal  sering mengalami problematika. Penanaman nilai Pendidikan  Agama Islam  pada anak usia dini  merupakan sesuatu yang bersifat abtrak, maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat yang dilakukan oleh guru  dalam menanamakan nilai abstrak tersebut kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan  menganalisis   internalisasi nilai Pendidikan Agama  Islam  dalam  pembelajaran di Raudhatul Athfal ASy-Syafi’iyah Kendari.  Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif dengan diskriptif analisis. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan  dokumentasi. Lokus penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret  sampai bulan Mei  2022 dengan informan yaitu kepala sekolah dan guru.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa:  proses internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam  pada anak di Raudhatul Athfal Asy-Syafi’yah Kendari dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.  Nilai Pendidikan Agama Islam yang diinternalisasikan pada anak  adalah nilai  aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sufiani, S., Try Andreas Putra, A., & Raehang, R. (2022). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62-75. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.129
Section
Articles

References

N. Nurdin, “Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, no. 1, pp. 56–67, May 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i1.32.

W. Masitah and H. R. Setiawan, “Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017,” Intiqad J. Agama dan Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 134–156, Jun. 2017, doi: 10.30596/intiqad.v9i1.1087.

M. Fauziddin and M. Mufarizuddin, “Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, p. 162, Dec. 2018, doi: 10.31004/obsesi.v2i2.76.

R. Saleh, “Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 24–33, Feb. 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.70.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” Diunduh, 2018.

E. Padli, “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Awiq-awiq Pisuke,” eL-HIKMAH J. Kaji. dan Penelit. Pendidik. Islam, vol. 13, no. 2, pp. 183–195, Dec. 2019, doi: 10.20414/elhikmah.v13i2.1358.

A. Amiruddin, “Urgensi Pendidikan Akhlak : Tinjauan atas Nilai dan Metode Perspektif Islam di Era Disrupsi,” J. Islam. Educ. Policy, vol. 6, no. 1, Apr. 2021, doi: 10.30984/jiep.v6i1.1474.

M. SUSANTI, “Problematika penanaman nilai-nilai agama pada anak di TK Islam Nurul Izzah Ungaran Barat Kabupaten Semarang.”

M. Maisaroh, “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Berbasis Sentra di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Hijrah Bintuju Kabupaten Tapanuli Selatan,” Stud. Multidisipliner J. Kaji. Keislam., vol. 5, no. 1, pp. 26–39, Jun. 2018, doi: 10.24952/multidisipliner.v5i1.934.

U. K. Rambe, “Konsep dan Sistem Nilai dalam Persfektif Agama-Agama Besar di Dunia,” Al-Hikmah J. Theosof. dan Perad. Islam, vol. 2, no. 1, Mar. 2020, doi: 10.51900/alhikmah.v2i1.7608.

S. Adisusilo, “Pembelajaran nilai karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif,” Jakarta PT Raja Graf. Persada, 2012.

E. Elihami and A. Syahid, “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami,” Edumaspul - J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 79–96, Feb. 2018, doi: 10.33487/edumaspul.v2i1.17.

I. I. F. Syukri, S. S. Rizal, and M. D. Al Hamdani, “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, p. 17, Jun. 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.358.

A. T. Andreas Putra, Sufiani, and Jahada, “Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 79–90, Jul. 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i1.8.

H. W. Ni’am, “Internalisasi Nilai Religius Melalui Hafalan Asmaul Husna Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo,” IAIN Ponorogo, 2021.

A. Rohman, “Pengaruh Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Santri Yayasan At Taqwa Meteseh Tembalang Semarang,” J. Prog. Wahana Kreat. dan Intelekt., vol. 10, no. 1, p. 483095, Jun. 2022, doi: 10.31942/pgrs.v10i1.6625.

R. Ananda, “Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, p. 19, Jun. 2017, doi: 10.31004/obsesi.v1i1.28.

A. Abdurrahman, “Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini,” Realita J. Bimbing. dan Konseling, vol. 4, no. 7, 2019.

R. Fitri and S. Satrianis, “Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir,” PAUD Lect. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 144–158, Apr. 2018, doi: 10.31849/paudlectura.v1i2.1173.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.