KOMODIFIKASI AGAMA DALAM KONTEN YOUTUBE “UKHTI MEGA OFFICIAL”
Abstract
Fenomena adanya media sosial yang sangat di gandrungi saat ini adalah Youtube. Youtube merupakan salah satu platform audio visual sudah ada sejak lama yang mendapat perhatian tersendiri dalam masyarakat, terlebih anak muda yang memiliki ide kreatif dalam membuat konten-konten youtube sehingga konten tersebut menarik minat viewers untuk menontonnya. Kebebasan masyarakat yang dapat berperan sebagai kreator sekaligus penonton menjadi daya tarik masyarakat khususnya Indonesia untuk menggunakan Youtube. Memiliki akses yang sangat mudah serta beragam konten yang up to date yang disajikan menjadikan Youtube sebagai alternative untuk masyarakat terlebih generasi muda. Konten-konten yang disajikan bisa dalam ekonomi seperti iklan produk, review produk tertentu, dalam bidang pendidikan semisal beasiswa, perjalanan mengembara dalam menuntut ilmu, atau yang lainnya ataupun konten berbasis agama yang berisikan tentang berisi motivasi, ceramah, hijrah, atau konten agama lainnya. Penggunaan media sosial berdampak pada peningkatan perekonomian penggunanya. Para pengguna Youtube atau yang sering dikenal dengan Youtuber bisa menghasilakn pundi-pundi rupiah melalui jumlah likers, subscribers ataupun share.[1] [1] Ferdi Arifin, “Mubaligh Youtube dan Komodifikasi Konten Dakwah”, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2019.