KOMODIFIKASI AGAMA DALAM KONTEN YOUTUBE “UKHTI MEGA OFFICIAL”

Authors

  • Desika Fiorentina UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/suarga.v1i1.6572

Keywords:

komodifikasi, media youtube

Abstract

Fenomena adanya media sosial yang sangat di gandrungi saat ini adalah Youtube. Youtube merupakan salah satu platform audio visual sudah ada sejak lama yang mendapat perhatian tersendiri dalam masyarakat, terlebih anak muda yang memiliki ide kreatif dalam membuat konten-konten youtube sehingga konten tersebut menarik minat viewers untuk menontonnya. Kebebasan masyarakat yang dapat berperan sebagai kreator  sekaligus penonton menjadi daya tarik masyarakat khususnya Indonesia untuk menggunakan Youtube. Memiliki akses yang sangat mudah serta beragam konten yang up to date yang disajikan menjadikan Youtube sebagai alternative untuk masyarakat terlebih generasi muda. Konten-konten yang disajikan bisa dalam ekonomi seperti iklan produk, review produk tertentu, dalam bidang pendidikan semisal beasiswa, perjalanan mengembara dalam menuntut ilmu, atau yang lainnya ataupun konten berbasis agama yang berisikan tentang berisi motivasi, ceramah, hijrah, atau konten agama lainnya. Penggunaan media sosial  berdampak  pada peningkatan  perekonomian penggunanya. Para pengguna Youtube atau yang sering dikenal dengan Youtuber bisa menghasilakn pundi-pundi rupiah melalui jumlah likers, subscribers ataupun share.[1]   [1] Ferdi Arifin, “Mubaligh Youtube dan Komodifikasi Konten Dakwah”, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2019.

References

Arifin, Ferdi. 2019. MUBALIGH YOUTUBE DAN KOMODIFIKASI KONTEN DAKWAH. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 4, No. 01.
Firasikha, Lintang Achta Nur. 2019. “KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM KONTEN INSTAGRAM”. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Komunikasi dan Penyiaran Islam. UIN SUNAN KALIJAGA. Yogyakarta.
Firdaus, Yogi Ridho. 2018. “DAKWAH MELALUI KONTEN VIDEO CERAMAH DALAM MEDIA YOUTUBE (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2015-2017 Fakultas Dakwah IAIN Salatiga)”. Skripsi. Fakultas Dakwah. Komunikasi dan Penyiaran Islam. IAIN Salatiga. Salatiga.
http://www.youtube.com/channel/UCzxY3X9P2WjRMveFh06-nbw, dilihat pada hari Minggu, 17 Januari 2021, pukul 07.30 WIB
Labas, Yessi Nurita dan Daisy Indira Yasmine. 2013. Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus Youtube Indonesia. Pemikiran Sosiologi, Vol. 4, No. 2.
Mujiburrahman. 2015. AGAMA, MEDIA DAN IMAJINASI(Pandangan Sufisme dan Ilmu Sosial Kontemporer). Banjarmasin: Antasari Press.
Niswa, Harisatun dan Hasan Baharun. 2019. Syariah Branding: Komodifikasi Agama dalam Bisnis Waralaba di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 13, No. 1.
Saudi, Yusron. 2018. Media dan Komodifikasi Dakwah. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 2, No. 1.
Sunaryanto. 2016. “RELASI AGAMA DAN”. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Ulfiana, Lucy Zulies. 2016. KOMODIFIKASI AGAMA DALAM ISLAMIC TOURISM DAN AKTIVITAS EKONOMI. Jurnal Islamic Review, Vol. 5, No. 1.
Wibowo, Ari. 2020. Komodifikasi Agama: Studi Analisis Terhadapa Tampilan Agama di Media Televisi. Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, Vol. 6, No. 1.
Wibisono, M. Yusuf. 2020. SOSOLOGI AGAMA. Bandung. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati.
Yusuf, Muhammad Fahrudi. 2016. KOMODIFIKASI: CERMIN RETAK AGAMA DI TELEVISI: PERSPEKTIF EKONOMI POLITIK MEDIA. Journal Of Communcation, Vol. 1, No. 1

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Fiorentina, D. (2022). KOMODIFIKASI AGAMA DALAM KONTEN YOUTUBE “UKHTI MEGA OFFICIAL”. Jurnal SUARGA: Studi Keberagamaan Dan Keberagaman, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.24090/suarga.v1i1.6572