Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu modal bagi seseorang agar dapat berhasil dan mampu meraih kesuksesan dalam hidupnya. Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan kegiatan belajar dari gagasan, perencanaan dalam waktu tertentu. Peserta didik merupakan objek yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran. Penelitian Starategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak Kanak Al Ijtihad Samarinda. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru di Taman Kanak kanak Al Ijtihad samarinda. Rumusan masalah adalah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini.  Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak, menuntut guru memiliki kreativitas dalam metode pembelajaran yang bevariasi setiap harinya.