Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak

Main Article Content

Reni Ardiana

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu modal bagi seseorang agar dapat berhasil dan mampu meraih kesuksesan dalam hidupnya. Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan kegiatan belajar dari gagasan, perencanaan dalam waktu tertentu. Peserta didik merupakan objek yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran. Penelitian Starategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak Kanak Al Ijtihad Samarinda. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru di Taman Kanak kanak Al Ijtihad samarinda. Rumusan masalah adalah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini.  Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak, menuntut guru memiliki kreativitas dalam metode pembelajaran yang bevariasi setiap harinya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116
Section
Articles

References

R. Rozalena and M. Kristiawan, “Pengelolaan Pembelajaran PAUD dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 76–86, Aug. 2017, doi: 10.31851/jmksp.v2i1.1155.

I. Islamiyah, F. B. Awad, and L. Anhusadar, “Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB): Konseling Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini,” Zawiyah J. Pemikir. Islam, vol. 6, no. 1, p. 38, Jul. 2020, doi: 10.31332/zjpi.v6i1.1797.

F. Fardiah, S. Murwani, and N. Dhieni, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 133, Oct. 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.254.

R. Saleh, “Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 24–33, Feb. 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.70.

E. Evianti and A. Rissa Atika, “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard,” J. Ceria (CERDAS ENERGIK RESPONSIF Inov. Adapt., vol. 4, no. 1, pp. 2714–4107, 2021.

K. Khadijah and N. Amelia, “Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun,” Al-Athfaal J. Ilm. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 69–82, Jun. 2020, doi: 10.24042/ajipaud.v3i1.6508.

I. G. A. D. Gunayanti, N. K. Suarni, L. A. Tirtayani, S. Psi, and M. Psi, “Penerapan Metode Bermain Outdoor untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.23887/paud.v3i1.5898.

R. Ardiana, “Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.65.

E. Aisyah, T. Iriyanto, W. Astuti, and E. Yafie, “Pengembangan Alat Permainan Ritatoon tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 174–180, Aug. 2019, doi: 10.17977/um038v2i32019p174.

F. Juniarti and S. NopikaDwiArofah, “Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif dengan Metode Bercerita,” J. Tunas Siliwangi, vol. 4, p. 1, 2018, doi: 10.22460/ts.v4i1p32-37.1195.

N. Nurmadiah, “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini,” Al-Afkar J. Keislam. Perad., vol. 3, no. 1, pp. 1–28, Dec. 2016, doi: 10.28944/afkar.v3i1.101.

J. R. Fraenkel, N. E. Wallen, and H. H. Hyun, How to design and evaluate research in education, vol. 7. McGraw-hill New York, 2012.

M. Shaleh, B. Batmang, and L. Anhusadar, “Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4726–4734, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2742.

J. Witoro, “Strategi Penginjilan Paulus di Filipi dalam Kitab Kisah Para Rasul 16: 13-40 Relevansinya Bagi Pelaksanaan Misi Masa Kini,” J. Teol. Biblika, vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.48125/jtb.v6i2.103.

M. Asrori, “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran,” MADRASAH, vol. 6, no. 2, p. 26, Jan. 2016, doi: 10.18860/jt.v6i2.3301.

S. A. Indriani, “Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Hadits di SMAN 1 Teladan Yogyakarta,” Edukasia Islam., p. 111, Dec. 2019, doi: 10.28918/jei.v4i1.2255.

Y. D. Arimbi, S. Saparahayuningsih, and M. Ardina, “Meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan mind mapping,” J. Ilm. Potensia, vol. 3, no. 2, pp. 119–126, 2018, doi: 10.33369/jip.3.2.119-126.

L. Anhusadar, “Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini,” Al-TA’DIB J. Kaji. Ilmu Kependidikan, vol. 13, no. 1, p. 34, Jun. 2020, doi: 10.31332/atdbwv13i1.1775.

H. Wulandari, K. Komariah, and W. Nabilla, “Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, pp. 78–89, Jul. 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.91.

F. Fatmawati, “Efektivitas Model Permainan Kartu Indeks (Index Card Match) Terhadap Hasil Pembelajaran Perkembangan Kognitif dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Harits,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 27–39, Feb. 2021, doi: 10.19105/kiddo.v2i1.3616.

A. Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dari Berbagai Aspeknya. 2019.

L. Marinda, “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar,” An-Nisa’ J. Kaji. Peremp. dan Keislam., vol. 13, no. 1, pp. 116–152, Apr. 2020, doi: 10.35719/annisa.v13i1.26.