Software Wingeom: Alternatif Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Geometri

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis adalah satu dari beberapa kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama proses belajar matematika di sekolah. Kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis bisa dikembangkan dengan baik jika didukung oleh media pembelajaran yang tepat seperti materi geometri yang membutuhkan pemvisualisasian konsep dari abstrak ke bentuk nyata atau kongkrit. Software wingeom adalah media pembelajaran interaktif dalam bentuk aplikasi atau software yang dapat membantu guru dalam menjelaskan materi matematika khususnya untuk materi dimensi 2 dan dimensi 3, dan dapat membantu guru untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu atau disebut juga dengan quasi experiment, jenis pretes dan postes desain dengan jumlah sampel 50 siswa. 27 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis siswa kedua kelas tidak berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dilanjutkan dengan uji non parametric yaitu uji Mann Whitney-U. Nilai signifikan yang diperoleh dengan bantuan SPSS 21 yaitu nilai signifikan 0.000 < 0,050, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga kesimpulan yang didapat menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Software Wingeom lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa di SMP Negeri 1 Matangkuli.