Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis adalah satu dari beberapa kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama proses belajar matematika di sekolah. Kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis bisa dikembangkan dengan baik jika didukung oleh media pembelajaran yang tepat seperti materi geometri yang membutuhkan pemvisualisasian konsep dari abstrak ke bentuk nyata atau kongkrit. Software wingeom adalah media pembelajaran interaktif dalam bentuk aplikasi atau software yang dapat membantu guru dalam menjelaskan materi matematika khususnya untuk materi dimensi 2 dan dimensi 3, dan dapat membantu guru untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu atau disebut juga dengan quasi experiment, jenis pretes dan postes desain dengan jumlah sampel 50 siswa. 27 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai kemampuan pemahaman konsep (KPK) matematis siswa kedua kelas tidak berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dilanjutkan dengan uji non parametric yaitu uji Mann Whitney-U. Nilai signifikan yang diperoleh dengan bantuan SPSS 21 yaitu nilai signifikan 0.000 < 0,050, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga kesimpulan yang didapat menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Software Wingeom lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa di SMP Negeri 1 Matangkuli.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Abrar, M., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. STATMAT (Jurnal Statistika Dan Matematika), 2(2).
- Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Smp Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).
- Batubara, I., H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES (Journal of Mathematics Education and Science)., 4(1).
- Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, SK dan KD SMP/MTs. BNSP.
- Fonna, M., & Mursalin. (2018). Using of Wingeom Software in Geometry Learning to Improving the of Mathematical Representation Ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(2).
- Hendriana, B. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cabri 3D untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Aksioma. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 112–120.
- Hidayat, R., & Nurrohman. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Mts Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 9(1).
- Indasari, & Rosida, V. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wingeom Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Pangkep. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–44.
- Muinah, Badawi, & Ariyantika, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wingeom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Mathematic Education And Aplication, 3(1), 1–9.
- Pratiwi, M., & Septia, T. (2016). Efektivitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom Pada Materi Geometri. Lemma, 3(1), 97–107.
- Putro, S. T. ., Soenarto, M., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Software Wingeom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Majamath, 2(1).
- Radiusman. (2020). STUDI LITERASI: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1).
- Razi, Z., & Mirunnisa. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520–527.
- Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito.
- Yanti, R., D. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2).
- Yulianingsih, dkk. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantu Software Wingeom terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PMAT-005.