Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Mahasiswa Pendas di Pokjar Jeneponto dan Takalar Tahun 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan belajar mahasiswa dan pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendas di pokjar Jeneponto & Takalar tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian korelasional dengan rancangan ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Terbuka di pokjar Jeneponto & Takalar yang terdaftar pada tahun ajaran 2018 yang berjumlah 299 orang dengan sampel 150. Analisis data yang digunakan adala statistik desktiptif dan statistik inferensial. Adapun hasil penelitian ini adalah hasil uji normalitas menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh adalah 0,200 karena nilai signifikasi > 0,05 . Maka data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis 1 menggambarkan bahwa pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendas pada pokjar Jenneponto dan Takalar 2018. Diketahui nilai t hitung adalah 1,897 dengan tingkat sifnifikasi atau probabilitas 0,05. Jika nilai signifikasinsi atau probabilitas yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 jika t hitung > dari t tabel maka hipotesis diterima.Sedangkan uji hipotesis 2 menggambarkan Nilai t hitung variabel dukungan sosial teman sebaya adalah 1,897 dan t tabel N= 150 sehingga df-1 = 149, dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,655. Maka t hitung > t tabel (1,897 > 1,655 berarti Ho ditolak sehingga pengambilan keputusan menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan belajar mahasiswa