Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Montessori dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Prodi PAI IAIN Surakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dosen dalam meningkatkan prestasi mahasiswa dengan menggunakan metode Montessori dalam pembelajaran daring pada mata kuliah media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Crassroom Action Research (CAR). Tempat penelitian ini berada di prodi PAI IAIN Surakarta. Waktu penelitian dari bulan Maret 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan penerapan metode montessori dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah media pembelajaran prodi PAI IAIN Surakarta. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan tes pada tiap – tiap kimpetensi. Pada pra siklus ketuntasan sebesar 17%, siklus I ketuntasan sebesar 46% dan siklus 2 sebesar 97 %.