Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Montessori dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Prodi PAI IAIN Surakarta

  • Pratiwi Rahmah Hakim IAIN Surakarta
Abstract views: 145 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 153
Keywords: Learning method, Montessori

Abstract

The purpose of this study was to determine the efforts of lecturers in improving student achievement by using the Montessori method in online learning in the learning media course. This type of research is classroom action research or Crassroom Action Research (CAR). The place of this research is in the PAI IAIN Surakarta study program. The research time is from March 2020 to May 2020. The results obtained in this study show that the application of the Montessori method can improve student learning achievement in the learning media course of the PAI IAIN Surakarta Study Program. This can be seen in the percentage of test completeness in each competency. In the pre-cycle completeness of 17%, the first cycle of completeness of 46% and the second cycle of 97%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Montessori, Maria. (2020). Dr. Montessori's Own Handbook. Terjemahan oleh Pratiwi Utam. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Muhammad, Andi Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahmat, Hidayat & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran, Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Impelementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. (Cet. II). Jakarta: Kencana.

Rizka, Pratiwi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Maria Montessori untuk Meningkatkan Kemandirian Anak di Kelompok B TK Ummi Erni Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang TA 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Safrida, Yani. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Montessori dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Archimedes di SMPN 2 Samatiga. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Trianto, Ibnu Badar & Hadi Suseno. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: Kencana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat dan Presiden Republik Indonesia.

Zahra, Zahira. (2020). Islamic Montessori Inspired Activity. Yogyakarta: Bentang Pustaka

PlumX Metrics

Published
2020-09-07
How to Cite
Hakim, P. R. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Montessori dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Prodi PAI IAIN Surakarta. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 12-20. https://doi.org/10.29407/jsp.v3i6.82