Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Combination Windows Shopping (JCWS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Abstract
Proses pembelajaran dilakukan untuk mencapai tujuan pedidikan, salah satu yang dapat mendukung tercapainya tujuan Pendidikan adalah model pembelajaran yang digunakan saat proses belajar dan mengajar, banyak model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam proses belajar dan megajar salah duanya model pembelajaran tipe jigsaw dan model pembelajaran windows shopping. Indonesia termasuk kedalam peringkat terendah dalam kategori literasi sains dan kemampuan sains berdasarkan skor Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018, sehingga diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi sains yang diberikan pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini melihat penerapan model pembelajaran kombinasi tipe jigsaw dan windows shopping terhadap ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik, metode yang digunakan quassy experiment dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dan analisis data menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran jigsaw combination windows shopping (JCWS) pada materi konsep dasar IPA dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 0,79 yang termasuk kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,69. Penerapan model pembelajaran JCWS dapat meningkatkan angka ketuntasan belajar pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan model pembelajaran JCWS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi konsep dasar IPA.