Konsumerisme dan E-commerce: Perilaku Konsumen Online Saat Pandemi dalam Tinjauan Pendidikan Ekonomi Islam

Abstract

This study is to find out how consumers shop through E-commerce Shopee in this pandemic era. The research method used in this study was a qualitative research method with comparative descriptive analysis. The data that the writers got were from the results of the google form questionnaire and online interviews. The target of this study is consumers of E-commerce Shopee. The result of this study determine consumers’ behavior in shopping through Shopee that can be found from the percentage of how often the consumers shop using Shopee platform, and what items they often buy.   Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen ketika berbelanja melalui E-commerce Shopee di era pandemi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif. Data yang peneliti dapatkan adalah dari hasil kuesioner google form dan wawancara online. Sasaran penelitian ini adalah para konsumen yang menggunakan E-commerce Shopee. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku konsumen dalam belanja melalui Shopee, yang diperoleh melalui besaran persentase seberapa sering para konsumen berbelanja di Shopee dan barang apa saja yang sering mereka beli.