Konsumerisme dan E-commerce: Perilaku Konsumen Online Saat Pandemi dalam Tinjauan Pendidikan Ekonomi Islam

Authors

  • Muhammad Thohir UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Aprilia Indah Sari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Erhasah Nuril Aini UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v12i2.5041

Abstract

This study is to find out how consumers shop through E-commerce Shopee in this pandemic era. The research method used in this study was a qualitative research method with comparative descriptive analysis. The data that the writers got were from the results of the google form questionnaire and online interviews. The target of this study is consumers of E-commerce Shopee. The result of this study determine consumers’ behavior in shopping through Shopee that can be found from the percentage of how often the consumers shop using Shopee platform, and what items they often buy. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen ketika berbelanja melalui E-commerce Shopee di era pandemi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif. Data yang peneliti dapatkan adalah dari hasil kuesioner google form dan wawancara online. Sasaran penelitian ini adalah para konsumen yang menggunakan E-commerce Shopee. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku konsumen dalam belanja melalui Shopee, yang diperoleh melalui besaran persentase seberapa sering para konsumen berbelanja di Shopee dan barang apa saja yang sering mereka beli.

References

Acal Sudirman. Perilaku Konsumen dan Perkembangan di Era Digital. Diedit oleh M.Si. ISBN: 978-623-93255-5-8 Dr. Febrianty, S.E. 1 ed. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2020.

Agnes Dwita Susilawatii, Dewi Apriani Fr. “Dampak Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Akses Situs On-Line Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Pancasakti Tegal).” CAPITAL 1 (2018): 150–151.

Andiani, Fajar. “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-commerce Shopee.” Institut Agama Islam Negeri Kudus, 2019.

Araap Lagat, Kiplimo. “Asymmetric price volatility transmission in remote food markets: Does it matter for domestic stabilization policies?” World Food Policy 6, no. 2 (2020): 157–175.

Armawi, Armaidy. “Dari Konsumerisme ke Konsumtivisme (Dalam Perpektif Sejarah Filsafat Barat).” Jurnal Filsafat 17, no. 3 (2017): 314–323.

Asiyah. “Pengaruh Penilaian Produk Dan Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Kabupaten Ponorogo.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021.

Asnawi, Habib Shulton. “Khozana: Journal of Islamic Economic and Banking.” KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking 3, no. 2 (2020): 1–19. http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana.

Astuti, Endang Dwi. “Consumptive behavior in buying goods from housewives in Samarinda City.” eJournal Psikologi 1, no. 2 (2013): 148–156. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/09/Jurnal (09-06-13-04-35-44).pdf.

Dbs.com. “Dipicu Corona, Shopee Cetak 260 Juta Transaksi dalam Tiga Bulan.”

Fitria, Tira Nur. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 3, no. 01 (2017): 52.

Hallikainen, Heli, dan Tommi Laukkanen. “National culture and consumer trust in e-commerce.” International Journal of Information Management 38, no. 1 (2018): 97–106.

Impact, T H E, O F Social, Media Mobile, Advertising On, Consumer Perception, Consumer Motivation, B Y Considering, Mediating Role, dan A S Brand. “E-commerce trends during COVID-19 Pandemic E-commerce trends during COVID-19 Pandemic,” no. July (2020).

Indah, Astrid Veranita, dan Awal Muqsith. “Panic Buying: Konsumerisme Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 Perspektif Psikoanalisis Jacques Lacan.” Jurnal Filsafat 31, no. 1 (2021): 24.

Indonesia, Asosiasi Digital Marketing. “10 Kategori Produk Terlaris Shopee | Asosiasi Digital Marketing.”

iPric.co.id. “Peta E‑Commerce Indonesia.”

Juniar, Andi Maghfirah, dan Jusrianti Uci. “Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Ibu-ibu Rumah Tangga di Kota Makassar.” Emik 4, no. 1 (2021): 37–51.

Lubis, Syafira Balqis. “Pengaruh Daya Tarik Iklan Shopee terhadap Perilaku Pembelian Impulsi pada Mahasiswi Fakultas Psikologi USU.” Universitas Sumatra Utara, 2019.

merchantmachine. “Saturated Sectors: Finding Gaps In The Ecommerce Market In 2021.”

Nilasari, Ana. “Perilaku Konsumen Wanita Dilihat Dari Pandangan Etika Konsumsi Dalam Islam (Study Kasus Konsumsi Pakaian Mahasiswa Ekonomi Syariah” (2019).

Nur Izzati. “Pengaruh Positive Emotion Dan Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying Pada Flash Sale Shopee (Studi Pada Masyarakat Bangkinang Kota Kabupaten Kampar.” Skripsi 3, no. 2 (2021): 6.

Orinaldi, Mohammad. “Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi.” ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research 4, no. 2 (2020): 36.

Pradana, Mahir. “Klasifikasi Bisnis E-commerce Di Indonesia.” Modus 27, no. 2 (2016): 163.

Prastiwi, Iin Emy, dan Tira Nur Fitria. “Budaya Hedonisme dan Konsumtif dalam Berbelanja Online Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 3 (2020): 731.

Radiansyah, Rifi Rivani. “Konsumerisme Hingga Hiper-Realitas Politik Di Ruang Publik Baru Era Cyberspace (Antara Kemunduran Atau Kemajuan Bagi Pembangunan Negara Indonesia Yang Demokratis).” JISIPOL 8, no. 5 (2019): 30–47.

Ridwan, Muhammad. “Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan) Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan” (2018).

Rio, Muhammad. “Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online.” Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional 2, no. 2 (2019): 176–186.

Rohayedi, Eddy, dan Maulina Maulina. “Konsumerisme Dalam Perspektif Islam.” Transformatif 4, no. 1 (2020): 31–48.

S, Ricky Aditya, dan Fakultas Ekonomi. “Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee.” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 10 (2021): 218–230.

Sahanaya, Gabriella Agus. “Digital Generation For Digital Nation.” Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation 1 no. 8 (2021): 2–7.

Setyorini, Yiyis dwi. “Pengaruh Promosi, Kemudahan Akses, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.” Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Wahyuni, Reni Suci, dan Harini Abrilia Setyawati. “Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-commerce Shopee.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 2, no. 2 (2020): 144–154.

Yuliana, Ade. “Analisis Pengaruh Kualitas Website, Promosi Penjualan, Dan Dorongan Berbelanja Hedonis Melalui Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Shopee Indonesia” (2019): 1–39.

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles