Analisis Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Mahasiswa Matematika Dari Masa Pandemi Menuju Endemi COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan kesiapan antara mahasiswa matematika menuju pembelajaran tatap muka dari masa pandemi ke masa endemi Covid-19. Peneliti menggunakan sampel mahasiswa aktif berjumlah 63 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif berdasarkan jenis kelamin, angkatan, umur dan domisili dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin terdapat 19% laki-laki dan 81% perempuan, berdasarkan angkatan diperoleh 20.6% angkatan 2018 dan angkatan 2019, 28.6% angkatan 2020, 30.2% angkatan 2021, berdasarkan umur 52,4% berumur kurang 20 tahun dan 47,6% lebih dari 20 tahun serta berdasarkan domisili mayoritas berasal dari Bali sebesar 87, 3% dan sisanya 12,7% berasal dari luar Bali. Berdasarkan empat variabel tersebut diambil satu variabel yaitu variabel angkatan yang kemudian diuji tingkat kesiapannya. Berdasarkan uji Anova, didapat p-value 0,371 atau lebih besar dari 5%. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol tidak ditolak atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan kesiapan antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Selanjutnya dicari arah kesiapan responden tersebut, diperoleh nilai kesiapan responden sebesar 80%. Hal ini berarti bahwa kesiapan responden menuju kearah siap sebesar 80% dan 20% sisanya dinyatakan tidak siap atau ragu-ragu.Kata Kunci: kesiapan mahasiswa, tatap muka, pandemi, endemi