Analisis Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Mahasiswa Matematika dari Masa Pandemi Menuju Endemi COVID-19

Gusti Ayu Made Arna Putri*  -  Universitas Mahasaraswati Denpasar, Indonesia
Abdurahim Abdurahim  -  Politeknik Medica Farma Husada Mataram, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan kesiapan antara mahasiswa matematika menuju pembelajaran tatap muka dari masa pandemi ke masa endemi Covid-19. Peneliti menggunakan sampel mahasiswa aktif berjumlah 63 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif berdasarkan jenis kelamin, angkatan, umur dan domisili dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin terdapat 19% laki-laki dan 81% perempuan, berdasarkan angkatan diperoleh 20,6% angkatan 2018 dan angkatan 2019, 28,6% angkatan 2020, 30,2% angkatan 2021, berdasarkan umur 52,4% berumur kurang 20 tahun dan 47,6% lebih dari 20 tahun serta berdasarkan domisili mayoritas berasal dari Bali sebesar 87,3% dan sisanya 12,7% berasal dari luar Bali. Berdasarkan empat variabel tersebut diambil satu variabel yaitu variabel angkatan yang kemudian diuji menggunakan uji ANOVA satu arah. Berdasarkan uji tersebut, diperoleh p-value 0,371 atau lebih besar dari 5%. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol tidak ditolak atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan kesiapan antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Selanjutnya dilakukan analisis kesiapan responden tersebut, sehingga diperoleh jawaban paling banyak adalah Siap, yaitu sebesar 467 jawaban. Jadi, hal ini menandakan bahwa arah kesiapan responden adalah kearah siap untuk pembelajaran tatap muka di masa endemi.

Kata kunci: kesiapan mahasiswa, tatap muka, pandemi, endemi.

 

  1. Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218–228.
  2. Alfabeta, S. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
  3. Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133.
  4. Anam, C. (2021). Analisis Kesiapan Pendidikan Vokasi Dalam Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di LP3I Malang). 5(2).
  5. Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.
  6. Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.
  7. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24.
  9. Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.
  10. Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96.
  11. Dewi, D. I., Cahyono, B., Tsani, D. F., Negeri, U. I., & Semarang, W. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka saat Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–59.
  12. Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.
  13. Hidayat, A. (2012). Uji ANOVA--One Way ANOVA dalam SPSS. Retrieved Mei, 5, 2020.
  14. KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  15. Susanto Joyosemito, I., & Nasir, N. M. (2021). Gelombang Kedua Pandemi Menuju Endemi Covid-19: Analisis Kebijakan Vaksinasi Dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia, 2(1).
  16. Suviana, N. T., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2012). Hubungan Kausal antara Motivasi Internal dan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Biologi di SMANegeri 1 Cawas Tahun Pelajaran 2011/2012. BIOPEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 1(1), 18–27.
  17. Wiersinga, W. J., Rhodes, A., Cheng, A. C., Peacock, S. J., & Prescott, H. C. (2020). Pathophysiology, Transmission, Diagnosis, and Treatment of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): A Review. In JAMA - Journal of the American Medical Association (Vol. 324, Issue 8, pp. 782–793). American Medical Association.
  18. Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program. Journal of Mathematics Learning, 2(2), 1–11.

Open Access Copyright (c) 2022 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps