Model Pengelolaan Fullday School untuk Menumbuhkan Karakter Islami pada Siswa SMA di Kota Surakarta

Abstract

Perkembangan sistem pendidikan semakin hari semakin dinamis dan massif. Sistem dan model pembelajaran dikembangkan untuk dapat memberikan suatu dampak positif dalam pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang model pengelolaan full day school di Sekolah Menengah di Surakarta. Dengan menggunakan metode purposive random sampling, maka ditentukan SMA Muhammadiyah I Surakarta dan SMA Al-Abiding Boarding School sebagai sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam mengelola sistem full day school terdapat beberapa tahapan, diantaranya adalah tahap perencanaan, tahap penyusunan program kerja tahunan, dan tahap manajemen kelas. Program perencanaan dimulai dengan evaluasi kegiatan belajar mengajar tahun ajaran yang sudah berlangsung dan peninjauan visi-misi sekolah. Penyusunan program disampaikan pada saat rapat penyusunan program yang dihadiri oleh semua warga sekolah untuk selanjutnya program-program selama satu tahun ke depan. Manajemen kelas dalam sistem fullday school diantaranya adalah manajemen penyusunan jadwal pelajaran, manajemen jam istirahat, pemberian ice breaking, serta manajemen kegiatan keagamaan dan program unggulan.