Model Pengelolaan Fullday School untuk Menumbuhkan Karakter Islami pada Siswa SMA di Kota Surakarta

Authors

  • Bagus Wahyu Setyawan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3128

Keywords:

model pengelolaan, pendidikan karakter, karakter Islam, system full day school

Abstract

Perkembangan sistem pendidikan semakin hari semakin dinamis dan massif. Sistem dan model pembelajaran dikembangkan untuk dapat memberikan suatu dampak positif dalam pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang model pengelolaan full day school di Sekolah Menengah di Surakarta. Dengan menggunakan metode purposive random sampling, maka ditentukan SMA Muhammadiyah I Surakarta dan SMA Al-Abiding Boarding School sebagai sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam mengelola sistem full day school terdapat beberapa tahapan, diantaranya adalah tahap perencanaan, tahap penyusunan program kerja tahunan, dan tahap manajemen kelas. Program perencanaan dimulai dengan evaluasi kegiatan belajar mengajar tahun ajaran yang sudah berlangsung dan peninjauan visi-misi sekolah. Penyusunan program disampaikan pada saat rapat penyusunan program yang dihadiri oleh semua warga sekolah untuk selanjutnya program-program selama satu tahun ke depan. Manajemen kelas dalam sistem fullday school diantaranya adalah manajemen penyusunan jadwal pelajaran, manajemen jam istirahat, pemberian ice breaking, serta manajemen kegiatan keagamaan dan program unggulan.

References

Adipratama, Z., Sumarsono, R. B., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen kurikulum terpadu di sekolah alam berciri khas islam. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 372–380.

Apriyani, A., Fatimah, N., & Wicaksono, H. (2018). dari Full day school ke Kebijakan enam hari Sekolah: Rasionalisasi Praktik dan Evaluasi Pembelajaran Pasca Full day school di SMA Negeri 1 Kedungreja Kabupaten Cilacap. Sosietas, 8(2).

Arfani, J. W., & Sugiyono, S. (2014). Manajemen Kelas Yang Efektif: Penelitian Di Tiga Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 44–57.

Arioka, N. W. W. (2017). Pro Kontra Wacana Full Day School. An1mage.

Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan video ice breaking sebagai media bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 150–162.

Bawazir, E. M., Mudana, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penerapan Fullday school Di SMA Negeri 1 Singaraja (Latar Belakang Penerapan Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Di Kelas XI IIS). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(1).

Creswell, J. W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danil, M. (2018). Implementasi Full day school di Sekolah Dasar Sabbihisma Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 86–92.

Farikah, F. (2019). Developing the Students’ Character through Literacy Activities in A ChildFriendly School Model. Dinamika Ilmu, 19(2), 187–196.

Halik, A. (2017). Mencari Format Pendidikan Anak Yang Ideal (Kritik Terhadap Konsep Full-Day School). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 132–148.

Hazizah, N. (2017). Full day school sebagai Peluang dan Tantangan PAUD Masa Depan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3c).

Hidayati, M., Tohiroh, L., & Istyarini, I. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Akhlak di Fullday school Sekolah Dasar Islam Terpadu. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 10-21.

Holil, A. (2017). Pembelajaran IPA Inovatif Untuk Sekolah Sehari Penuh (Full Day School). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Ilyasin, M. (2020). Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum. Dinamika Ilmu, 20(1), 13–22.

Indonesia, R. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Khulaifiyah, S. P. (2016). (A Full-Day School sebagai salah satu alternatif untuk Meningkatkan Moral Kualitas Pendidikan). Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 7(13), 55–58.

Lash, A., Bae, S., Barrat, V. X., Burr, E., & Fong, T. (2008). Full-day kindergarten and student achievement: A literature review. WestEd.

NA, O. M. D. A. J. S., & QUALITATIVA, I. (2017). The method of James Spradley in qualitative research. Cuidados Humanizados, 43.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Setkab.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126–136.

Rezki, W. (2020). Analisis Penerapan Fullday school dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 1(1), 21–28.

Rustan, E., Hanifah, N., & Kanro, B. (2018). De-Radicalization in the Implementation of Islamic Education Curriculum in SMA Masamba South Sulawesi. Dinamika Ilmu, 18(2), 271–283.

Satiljannah, K. W. (2019). Persepsi Guru Geografi dalam Penerapan Full day school di Kota Makassar. LaGeografia, 16(1), 1–5.

Setianto, G., Daulay, S., & Linawati, S. L. (2020). The Role of Baitul Arqom In Building the Character of University Students of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Journal of Al-Islam and Muhammadiyah Studies, 1(1), 45–55.

Siregar, L. Y. S. (2017). Full day school sebagai penguatan pendidikan karakter (Perspektif psikologi pendidikan islam). Fikrotuna, 5(1).

Tambunan, A. M., AY, M. H., & Degeng, I. N. S. (2017). Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik menyikapi dampak negatif penerapan full day school. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 848–852.

Uchtiawati, S., & Zawawi, I. (2014). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas berstandar Internasional. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1).

Widodo, M. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Full day school di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 10(1), 1-20.

Downloads

Published

30-04-2021

How to Cite

Setyawan, B. W. . (2021). Model Pengelolaan Fullday School untuk Menumbuhkan Karakter Islami pada Siswa SMA di Kota Surakarta. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 2(1), 1–17. https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3128

Issue

Section

Articles