Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Siswa

Abstract

Abstrak: Salah satu metode yang dapat mengajak siswa aktif sekaligus sesuai dengan karakteristik materi Fikih adalah metode pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar Fikih antara siswa yang diajar menggunakan metode mind mapping dan metode konvensional. 2. Menguji efektivitas penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksperimen semu. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes tertulis. Tes tertulis berupa pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis dengan uji-t independent sample t test dan uji N-Gain. Dari independent sample t test menunjukkan bahwa sig. 2 tailed adalah 0,000 atau <0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Rerata nilai post-test kelas eksperimen adalah 90,00 dan kelas kontrol 80,68. Dari uji N-Gain diketahui bahwa nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 73,2% (kategori efektivitas tinggi), sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 45,5% (kategori efektivitas sedang). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas IV MI Gondang.