Peran Ibu dalam Memotivasi Belajar Online Anak Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Peran ibu dalam memotivasi belajar anak yang saat ini pembelajaran berlangsung secara daring sangat dibutuhkan untuk memotivasi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mampu mendeskripskan dan terwujudnya peran ibu dalam memotivasi belajar online anak pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, penelitian yang bersifat deskripsi dan lebih sering menggunakan analisis. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini peran ibu dalam memotivasi belajar online anak di masa pandemi antara lain 1) peran Ibu sebagai Pendidik anak, 2)Peran ibu sebagai fasilitator anak 3)peran ibu sebagai motivator anak, dalam memberikan motivasi peran yang ibu lakukan adalah, 1)pemberian hadiah, 2) ucapan pujian, 3)pemberian hukuman. Selanjutnya ada faktor pendorong peran ibu dalam memotivasi belajar online anak di masa pandemi yaitu 1)kerjasama antar anggota keluarga, 2) adanya ketegasan dari ibu, 3) adanya keterlibatan ayah. Adapun faktor penghambat peran ibu dalam memotivasi belajar online anak di masa pandemi yaitu, 1)kondisi anak, 2)kesibukan ibu, 3)keadaan sekitar.