Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa di MIM 1 PK Sukoharjo

Abstract

Pendidikan sebagai salah satu gardan penggerak faktor penentu sumber daya manusia yang unggul untuk kemajuan bangsa. Keberadaan media akan lebih membantu tercapainya tujuan secara efektif dan efisien. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai fokus utama dan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa secara utuh. Rendahnya minat belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal menjadi latar belakang penelitian ini, sehingga penggunaan media audio visual di kaji pengaruhnya pada pembelajaran tematik integratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif model deskriptif korelasi dan dilaksanakan pada bulan februari 2020 dengan populasi 210 siswa dan sampel 70 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: 1) penggunaan media audio visual pada pembelajaran tematik integratif berada pada kategori baik, dengan prosentase 52,86% atau 37 siswa, 2) minat belajar siswa pada pembelajaran tematik integratif berada pada kategori baik dengan prosentase 48,57% atau 34 siswa, dan 3) Penggunaan media audio visual berpengaruh positif terhadap minat belajar pada pembelajaran tematik integratif dengan r0 = 0,624 lebih besar daripada r1 pada taraf signifikan 5% (r1=6,235) dan 1% (r1=0,306). Madrasah diharapkan lebih sering pembelajaran menggunakan media audio visual apalagi materi yang mungkin tidak dapat terjangkau oleh pemikiran siswa. Pembelajaran media audio visual dapat diterapkan disemua level kelas.