Tantangan dan Strategi Pemertahanan Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar Indonesia di Luar Negeri

Abstract

Abstrak: Dalam artikel ini, dijelaskan mengenai tantangan dan strategi pemertahanan bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar Indonesia yang sedang berada di luar negeri untuk waktu yang tidak permanen. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tantangan dan strategi pemertahanan bahasa Indonesia pada siswas sekolah dasar kewarganegaraan Indonesia yang berada (bersekolah) di luar negeri dalam waktu yang tidak permanen. Objek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kewarganegaraan Indonesia yang berada di Korea Selatan. Data dikumpulkan dengan cara pengamatan dan wawancara terhadap siswa dan orang tua siswa selama September 2021 - Maret 2022. Lalu, data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tantangan siswa sekolah dasar berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal sementara di Korea Selatan dalam pemertahanan bahasa adalah dalam penggunaan bahasa Indonesia resmi baik tulis maupun lisan. Strategi yang ditemukan dalam pemertahanan bahasa Indonesia antara lain orang tua mengajarkan bahasa Indonesia dengan menggunakan buku pelajaran dan bahan ajar dari laman yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia melalui kursus daring langsung dengan guru mata pelajaran dari Indonesia.