Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Literasi Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning berorientasi literasi lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah quasy experimental dan desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ulum yang berjumlah 39 orang terdiri dari 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah istrumen observasi dan tes yang terdiri dari 5 soal uraian tentang berpikir kritis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berorientasi literasi lingkungan dengan kelas yang tetap menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai t hitung 2,154 > 1,687 dan juga berdasarkan nilai signifikan (2 tailed) 0,038 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat simpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning berorientasi literasi lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah.