PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FUNGSI KOMPOSISI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi fungsi komposisi sebagai alternative bahan ajar dan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran tersebut ditinjau dari presentase kevalidan oleh validator dan guru matematika, serta respon dan hasil tes siswa terhadap video pembelajaran fungsi komposisi yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Dengan langkah-langkah pengembangan diantaranya: (1) perencanaan (2) desain; dan (3) pengembangan. Subjek penelitian yang digunakan adalah beberapa siswa dalam kelompok kecil di Madrasah Aliyah Hasyim Ay’ari Bangsri Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran pada materi fungsi komposisi sebagai alternatif bahan ajar; (2) video pembelajaran fungsi komposisi mendapatkan penilaian kelayakan berdasarkan dosen ahli dan guru matematika diperoleh hasil “Sangat Valid” dengan presentase rerata penilailan 82,4% dari aspek materi, diperoleh hasil “Sangat Valid” dengan presentase rerata penilaian 87,2% dari aspek media, berdasarkan penilaian oleh siswa didapat respon siswa yang “Positif” dengan presentase rerata penilaian 70%, dan hasil tes siswa dalam kelompok kecil mendapatkan rerata perolehan skor 69,6 yang masuk dalam kategori “Baik”. Menunjukkan bahwa video pembelajaran fungsi komposisi sebagai alternatif bahan ajar dengan kemampuan penalaran layak digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa di SMA/MA