PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FUNGSI KOMPOSISI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

  • Ainia Rahmayanti Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Mochamad Abdul Basir Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Dyana Wijayanti
Keywords: fungsi komposisi, kemampuan penalaran, video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi fungsi komposisi sebagai alternative bahan ajar dan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran tersebut ditinjau dari presentase kevalidan oleh validator dan guru matematika, serta respon dan hasil tes siswa terhadap video pembelajaran fungsi komposisi yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Dengan langkah-langkah pengembangan diantaranya: (1) perencanaan (2) desain; dan (3) pengembangan. Subjek penelitian yang digunakan adalah beberapa siswa dalam kelompok kecil di Madrasah Aliyah Hasyim Ay’ari Bangsri Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran pada materi fungsi komposisi sebagai alternatif bahan ajar; (2) video pembelajaran fungsi komposisi mendapatkan penilaian kelayakan berdasarkan dosen ahli dan guru matematika diperoleh hasil “Sangat Valid†dengan presentase rerata penilailan 82,4% dari aspek materi, diperoleh hasil “Sangat Valid†dengan presentase rerata penilaian 87,2% dari aspek media, berdasarkan penilaian oleh siswa didapat respon siswa yang “Positif†dengan presentase rerata penilaian 70%, dan hasil tes siswa dalam kelompok kecil mendapatkan rerata perolehan skor 69,6 yang masuk dalam kategori “Baikâ€. Menunjukkan bahwa video pembelajaran fungsi komposisi sebagai alternatif bahan ajar dengan kemampuan penalaran layak digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa di SMA/MA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. R. A., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 209. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2343

Alessi, S. ., & Trollip, S. (2001). Multimedia for learning: mehods and development (3rd Edition) (3rd ed.). Allyn and Bacon.

Apriansyah, M. F., & Pujiastuti, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Virtual Learning dengan Gnomio. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11921

Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2019). Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematik Sesiomadika 2019, 2018, 1248–1256.

Basir, M. A. (2015). Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.

Damayanti et.al. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 1(1), 63–70.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305

Kusumawati, E., & Aulia, F. (2018). Identifikasi Kesulitan Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Peserta Didik Kelas X Keuangan Smk Negeri Di Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 150–161. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4639

Lopes, A. P., & Soares, F. (2016). Video Lectures and Online Activities To Engage Students in a Flipped Classroom. EDULEARN16 Proceedings, 1(July), 8688–8695. https://doi.org/10.21125/edulearn.2016.0890

Muslimin, & Sunardi. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA pada Materi Geometri Ruang. KREANO : Jurnal Matematika Kreatif Dan Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323

Perlman, S. (2020). Another Decade, Another Coronavirus. New England Journal of Medicine, 382(8), 758–760. https://doi.org/10.1056/NEJMe1917479

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Rifai, A. S. (2016). Analisis kesulitan siswa belajar matematika pada pokok bahasan komposisi fungsi dan invers fungsi kelas xi sma negeri 8 bulukumba kabupaten bulukumba. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11324/1/SKRIPSI ANDI SYAMSUL RIFAI.pdf

Susanti, B., & Lestari, Y. A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers di SMK AL-IKHSAN Batujajar. Journal on Education, 01(03), 446–459. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/189/158

Thomas, C. (1997). The composite function rule ( the chain rule ) [University of Sidney]. In Mathematics Learning Centre. https://www.sydney.edu.au/content/dam/students/documents/mathematics-learning-centre/composite-functions-and-derivatives.pdf

Utami, A. S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan komposisi fungsi di SMK Bakti Purwokerto. Journal of Mathematics Education, 3(2), 48–56.

Wardoyo, T. C. T., & Faqih Ma’arif, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di SMK Negeri 1 Purworejo. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3), 1. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/4171

Weeraratne, B., & Chin, B. (2018). Can Khan Academy e-Learning Video Tutorials Improve Mathematics Achievement in Sri Lanka?. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 14(3), 93–112.

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2017). Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL SAINTIFIK, 3(2), 171–181. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6035

Published
2020-12-05
How to Cite
Rahmayanti, A., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FUNGSI KOMPOSISI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 3(2), 57-64. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp57-64