MISKONSEPSI MAHASISWA PADA MATERI HIMPUNAN: ANALISIS MENGGUNAKAN KRITERIA CERTAINTY OF RESPONSE INDEX

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa tentang konsep himpunan menggunakan indikator certainty of response index (CRI). Subjek penelitian terdiri dari 89 orang mahasiswa semester 1 yang memprogram mata kuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM). Metode penelitian yamg digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Tes tertulis terdiri dari 4 soal pilihan ganda beralasan dan uraian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan  kriteria CRI, untuk soal nomor 1 tentang perbedaan himpunan dan bukan himpunan, terdapat 39% mahasiswa mengalami miskonsepsi, 33% mahasiswa tidak tahu konsep dan 28% mahasiswa yang mengetahui konsep dengan benar. Pada soal nomor 2 tentang tiga cara menyajikan himpunan bilangan asli, cacah, prima dan bulat, ditemukan terdapat 12% mahasiswa mengalami miskonsepsi dan sebanyak 76% mahasiswa tidak tahu konsep karena menebak dan kurangnya pengetahuan, sisanya  11 % mahasiswa memahami konsep dengan baik.  Untuk soal nomor 3, tentang operasi himpunan ditemukan terdapat 30%  mahasiswa mengalami miskonsepsi, 45% tidak tahu konsep dan sisanya 24% memamahi konsep dengan tepat. Selanjutnya untuk soal nomor 4, soal cerita operasi himpunan diperoleh hasil bahwa dari 19% mahasiswa yang mengikuti tes mengalami miskonsepsi, 57% mahasiswa tidak paham konsep dan hanya 24% mahasiswa yang memahami konsep dengan benar. Dengan kata lain, dari 4 soal yang diujikan kepada mahasiswa, soal nomor 1 dan 3 paling banyak ditemukan mahasiswa mengalami miskonsepsi. Meskipun soal nomor 2, ditemukan paling sedikit mahasiswa mengalami miskonspesi namun pada soal ini hampir 80% mahasiswa tidak tahu konsep dengan benar