Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya stimulus kemampuan bercerita pada anak usia dini dengan menggunakan media boneka tangan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan bercerita dengan pilihan media boneka tangan dapat menarik dan memotivasi perhatian anak karena media boneka tangan dapat membantu perkembangan kemampuan bercerita anak. Oleh karena itu, media boneka tangan merupakan salah satu media yang dapat mempromosikan komunikasi lisan anak usia dini. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian studi pustaka, pengumpulan data dengan mengolah dan mengevaluasi bahan referensi atau publikasi ilmiah yang berjumlah 22 bahan kajian  yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Tujuan analisis data adalah untuk menghubungkan masalah dengan teori yang ditemukan dalam sebuah buku atau publikasi ilmiah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dampak media boneka tangan cukup efisien dan baik untuk digunakan dalam mengenalkan kemampuan bercerita pada masa awal taman kanak-kanak.