Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan

Main Article Content

Marwah Marwah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya stimulus kemampuan bercerita pada anak usia dini dengan menggunakan media boneka tangan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan bercerita dengan pilihan media boneka tangan dapat menarik dan memotivasi perhatian anak karena media boneka tangan dapat membantu perkembangan kemampuan bercerita anak. Oleh karena itu, media boneka tangan merupakan salah satu media yang dapat mempromosikan komunikasi lisan anak usia dini. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian studi pustaka, pengumpulan data dengan mengolah dan mengevaluasi bahan referensi atau publikasi ilmiah yang berjumlah 22 bahan kajian  yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Tujuan analisis data adalah untuk menghubungkan masalah dengan teori yang ditemukan dalam sebuah buku atau publikasi ilmiah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dampak media boneka tangan cukup efisien dan baik untuk digunakan dalam mengenalkan kemampuan bercerita pada masa awal taman kanak-kanak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34-42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76
Section
Articles

References

M. H. Elya, N. Nadiroh, and Y. Nurani, “Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 312, Nov. 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.326.

T. T. Mukarromah, R. Hafidah, and N. E. Nurjanah, “Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 395, Jun. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.550.

N. Novira and I. Jaya, “Analisis Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 84–91, Feb. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i1.247.

L. O. Anhusadar and H. Wulandari, “Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini,” Al-Athfaal J. Ilm. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 58–68, Sep. 2019, doi: 10.24042/ajipaud.v2i1.4622.

N. Syamsiyah and A. Hardiyana, “Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1197–1211, 2021, doi: obsesi.v6i3.1751.

T. Hayati, H. Hidayat, and N. I. Nuri, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-Cakap,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, pp. 58–68, Dec. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.16.

N. Widiastita and L. Anhusadar, “Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 50–63, 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i2.17.

L. Hewi and S. Surpida, “Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari,” JECED J. Early Child. Educ. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 115–128, Dec. 2019, doi: 10.15642/jeced.v1i2.468.

L. Fertiliana Dea, A. Setiawan, and L. Asmiyati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 53–64, Jul. 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i1.6.

N. I. Suradinata and E. A. Maharani, “Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak,” J. Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 28–37, 2020, doi: 10.37985/joe.v1i1.4.

R. Moeslichatoen, “Meode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT,” Asdi Mahasatya, 2004.

N. K. M. Dewi, I. N. Jampel, and N. Wirya, “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosionalanak Di Tk Jaya Kumara Cau Blayu,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 2, no. 1, 2014, doi: 10.23887/paud.v2i1.3049.

M. Melfianora, “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur,” Open Sci. Framew., vol. 12, no. 1, pp. 14–26, 2019.

Z. N. Wandi and F. Mayar, “Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 363, Dec. 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.347.

R. Ardiana, “Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 20–27, Dec. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.47.

N. Hasanah, D. Harmawati, and A. K. Hidayat, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet pada Anak Kelompok B,” Musamus J. Prim. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 32–37, Oct. 2019, doi: 10.35724/musjpe.v2i1.2046.

I. Hasiana and A. Wirastania, “Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, p. 131, Dec. 2017, doi: 10.31004/obsesi.v1i2.25.

L. Madyawati, Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana, 2016.

N. L. Prihanjani, N. Wirya, L. A. Tirtayani, and S. Psi, “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 4, no. 3, 2016, doi: 10.23887/paud.v4i3.8822.

N. Hamidah and Mursalim, “Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B di Raudlatul Athfal,” Presch. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 41–48, Jul. 2021, doi: 10.35719/preschool.v2i1.25.

W. Nuri, I. Rusdiyani, and T. Sayekti, “Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 81–94, 2019, doi: 10.30870/jpppaud.v6i1.7375.

T. Asih and others, “Penggunaan Media Boneka Tangan melalui Kegiatan Bercerita untuk Meningkatkan Keterampilah Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun.,” Stimul. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 63–69, 2021, doi: 10.53863/sti.v1i2.162.

M. P. Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana, 2011.

Joko Sulianto, Mei Fita Asri Untari, and Fitri Yulianti, “Media Boneka Tangan dalam Metode Berceritera untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik., vol. 15, no. 2, pp. 94–104, Sep. 2014, doi: 10.33830/jp.v15i2.419.2014.

A. Anggalia and others, “Upaya meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak dengan menggunakan media boneka tangan muca (moving mouth puppet) pada kelompok A TK Kemala Bhayangkari 01 Semarang,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2 Oktober, 2014, doi: 10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.509.

W. Gunarti, L. Suryani, and A. Muis, “Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini,” Jakarta Univ. Terbuka, 2008.

D. Sugianto, D. C. Wibowo, and U. D. Oktaviani, “Improving Listening Skill To Fairytales Using A Hand Puppets Media,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 7, no. 2, p. 178, May 2017, doi: 10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p178-189.