Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)

Abstract

Secara keseluruhan ruang lingkup pembelajaran ips merupakan integrasi individu terhadap lingkungan sosialnya. Sedangkan model pembelajaran merupakan startegi pembelajaran dengan prosedur atau pola tersetruktur yang digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran konseptual yang mengaitkan contoh kehidupan nyata dalam pendekatan tematik integrative pada mata pelajaran IPS. Model konseptual merupakan sebuah model pembelajran yang mengaplikasikan dalam mengintegrasikan kehidupan seharihari peserta didik kemudian dijadikan bahan nilai dalam pembelajaran. penelitian ini menggunakan metode library research, dengan menelaah beberapa literatur mengenai model pembelajaran konseptual yang diaplikasikan kedalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sehingga dapat dikatakan, model konseptual merupakan inovasi dalam dunia pendidikan, yang merupakan bentuk pengembangan dari model lama.