Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)

  • Noor Rofiq IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia
  • A. Rafiq IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia
  • Muhammad Agus Wardani IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia
Keywords: model pembelajaran, konseptual, IPS

Abstract

Secara keseluruhan ruang lingkup pembelajaran ips merupakan integrasi
individu terhadap lingkungan sosialnya. Sedangkan model pembelajaran
merupakan startegi pembelajaran dengan prosedur atau pola tersetruktur yang
digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran konseptual yang
mengaitkan contoh kehidupan nyata dalam pendekatan tematik integrative
pada mata pelajaran IPS. Model konseptual merupakan sebuah model
pembelajran yang mengaplikasikan dalam mengintegrasikan kehidupan seharihari
peserta didik kemudian dijadikan bahan nilai dalam pembelajaran.
penelitian ini menggunakan metode library research, dengan menelaah beberapa
literatur mengenai model pembelajaran konseptual yang diaplikasikan kedalam
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sehingga dapat dikatakan,
model konseptual merupakan inovasi dalam dunia pendidikan, yang merupakan
bentuk pengembangan dari model lama.

Published
2020-08-08
How to Cite
Noor Rofiq, A. Rafiq, & Muhammad Agus Wardani. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 98-105. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i2.129
Section
Articles