Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)
Abstract
Secara keseluruhan ruang lingkup pembelajaran ips merupakan integrasi
individu terhadap lingkungan sosialnya. Sedangkan model pembelajaran
merupakan startegi pembelajaran dengan prosedur atau pola tersetruktur yang
digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran konseptual yang
mengaitkan contoh kehidupan nyata dalam pendekatan tematik integrative
pada mata pelajaran IPS. Model konseptual merupakan sebuah model
pembelajran yang mengaplikasikan dalam mengintegrasikan kehidupan seharihari
peserta didik kemudian dijadikan bahan nilai dalam pembelajaran.
penelitian ini menggunakan metode library research, dengan menelaah beberapa
literatur mengenai model pembelajaran konseptual yang diaplikasikan kedalam
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sehingga dapat dikatakan,
model konseptual merupakan inovasi dalam dunia pendidikan, yang merupakan
bentuk pengembangan dari model lama.
Copyright (c) 2020 Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.