Konsep Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konseptual tentang model pembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikir kristis siswa. Pendidikan IPS pada hakikatnya mempelajari manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupannya.Sebagai bagian dari proses pembelajaran, konsep problem based learning hadir melatih siswa untuk merangsang rasa ingin tahu, sehingga akhirnya mampu menstimulus siswa untuk berfikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur yang berkaitan dengan hasil penelitian-penelitian terdahulu. Kesimpulan dari hasil penelitian yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan kreatif siswa. Metode pengujian menggunakan studi kasus permasalahan lingkungan di sekitar siswa.Hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kreatif.