Peran Kepala Sekolah dalam Pembetukan Karakter Siswa melalui Business Day School di SDITAl-Huda Sangkapura

Abstract

Kepala sekolah merupakan tenaga fungsional yang diberikan wewenang dan kepercayaan dari lembaga pendidikan tertentu untuk merencanakan, mengatur, mengontrol, dan mengevaluasi segala kebijakan-kebijakan yang ada di lembaga pendidikan tersebut demi tercapainya visi dan misi. Fokus penelitian ini adalah mengkaji peran kepala sekolah dalam pembentukan karakte siswa melalui business day school di SDIT Al-Huda Sangkapura. Penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan pengambilan data secara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) kepala sekolah senantiasa mengevaluasi aktifitas yang ada di SDIT Al-Huda dengan cara mengadakan rapat di setiap akhir pekan beserta dewan guru mempertimbangkan kelanjutan dan meningkatkan kualitas program business day school menjadi program unggulan di SDIT Al-Huda. (2) dengan program business day school siswa belajar kewirausahaan, kemandirian, aritmatika, percaya diri dan komunikatif.