Analisis Strategi Pemasaran Produk Perumahan Menggunakan Fishbone
Abstract
Networking and modulary sesion dengan kemajuan teknologi telah menghasilkan perubahan signifikan dalam cara pengelolahan sistem pemasaran dan administrasi dalam memberikan layanan mereka sehingga straregi pemasaran dengan memafaatkan media sosial dan situs web, meskipun adanya strategi online, direct selling atau pengelolahan ofline perusahaan dalam memberikan layanan marketing tidak dapat dihilangkan. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing PT. X menganalisis penyebab turunnya pemasaran PT. X ditinjau menggunakan fishbone. Hasil analisis diagram fishbone menunjukan bahwa faktor man power kurangnya pelatihan karyawan, method tidak adanya SOP penjulan, kurangnya kreatifitas karyawan dalam penggunaan metode pemasaran, manchine kurangnya dukungan sarana pembuatan iklan pemasaran dan pengelolahan administrasi serta tidak adanya sistem pendukung administrasi yang menjadi penyebab permasalahan penurunan jumlah pemasaran dan pemasaran tidak terkontrol secara sistematis.