Faʿāliyah Istikhdām Uslūb al-Siyāq fī Taʿlīm al-Mufradāt li Tarqiyah Mahārah al-Kalām

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Uslūb al-Siyāq (Metode Pembelajaran al-Siyāq) dalam pembelajaran kosakata bahasa arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara mahasiswa semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Penelitan ini adalah penelitian kuantitatif, peneliti memilih  kelas 1 dari semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib tahun pelajaran 2020-2021 sebagai sampel  penelitian  dengan  metode  random  sampling, serta digunakan 2 instrumen untuk melakukan penelitian ini yaitu test untuk observasi hasil dari proses pre-test dan post-tes, adapun instrumen kedua adalah angket untuk memperkuat hipotesis efektifitas penggunaan Uslūb al-Siyāq (Metode Pembelajaran Siyaq) dalam pembelajaran kosakata bahasa arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara mahasiswa semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Uslūb al-Siyāq (Metode Pembelajaran al-Siyāq) dalam pembelajaran kosakata bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara mahasiswa semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya, hal ini ditunjukan dari hasil t-test yang mana t-hasil (to) lebih besar dari t-tabel (tt) baik ditaraf signifikansi 5% atau 1%, dan nilai tersebut adalah t-hasil (to)= 16,64 dan t-tabel (tt) ditaraf signifikansi 5% = 2,08 atau 1% = 2,83. Begitu pula hasil dari angket menunjukan bahwa 95,45 dari mahasiswa memilih jawaban (a) sepakat.