DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol11.Iss1.161

Authors

Angger Bimantara
Keywords: Uslūb al-Siyāq, Metode Pembelajaran al-Siyāq, Kemahiran Berbicara

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Uslūb al-Siyāq (Metode Pembelajaran al-Siyāq) dalam pembelajaran kosakata bahasa arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara mahasiswa semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Penelitan ini adalah penelitian kuantitatif, peneliti memilih  kelas 1 dari semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib tahun pelajaran 2020-2021 sebagai sampel  penelitian  dengan  metode  random  sampling, serta digunakan 2 instrumen untuk melakukan penelitian ini yaitu test untuk observasi hasil dari proses pre-test dan post-tes, adapun instrumen kedua adalah angket untuk memperkuat hipotesis efektifitas penggunaan Uslūb al-Siyāq (Metode Pembelajaran Siyaq) dalam pembelajaran kosakata bahasa arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara mahasiswa semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Uslūb al-Siyāq (Metode Pembelajaran al-Siyāq) dalam pembelajaran kosakata bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara mahasiswa semester 1 STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya, hal ini ditunjukan dari hasil t-test yang mana t-hasil (to) lebih besar dari t-tabel (tt) baik ditaraf signifikansi 5% atau 1%, dan nilai tersebut adalah t-hasil (to)= 16,64 dan t-tabel (tt) ditaraf signifikansi 5% = 2,08 atau 1% = 2,83. Begitu pula hasil dari angket menunjukan bahwa 95,45 dari mahasiswa memilih jawaban (a) sepakat.

'Alyan, Rajihi Mushtafa. al-Bath al-ʿIlmiyy. Oman: Bait al-Afkar al-Dauliyyah, 2001.

__________________________. al-Bath al-ʿIlmiyy ʾUsusuh, Manāhijuh, ʾIjraʾātuh. Oman: Bait al-Afkar al-Dauliyyah, 2001.

al-Dhamin, Mundzir. ʾAsāsiyāt al-Bath al-ʿIlmiyy. Oman: Dār al-Masīrah, 2007.

al-Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim. ʾIʿdād Mawād Taʾlīm al-Lughah al-Arabiyyah li Ghair al-Naṭiqīn biha. -.

Kadhim, Ahmad Khairi dan Jabir Abdullah al-Hamid. Manāhij al-Bath fī al-Tarbiyah wa ʿUlūm al-Nafs. Masir: Dār al-Nahḍah al-Arabiyyah, 1978.

Madkur, 'Aliyy Ahmad. Tadrīs Funūn al-Lughah al-Arabiyyah. Kairo: dār al-Fikr al-Arabiyy, 2002.

Sudijo, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

'Ubaidat, Dzuqan Dkk. al-Bath al-ʿIlmiyy wa Mafhūmuh wa ‘Adawātuh wa ʾAsālibuh. Riyadh: Dzu Usamah, 1997.

Wahyudi. Imam. ʾIdād al-Kitāb al-Muṣahib li Tanmiyah Mahārah al-Kalam, Bath Ṭaṭwiriyy bi Jāmiʿah 'Aliyy bin Abiyy Ṭalib al-Islāmiyyah bi Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2013.