PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING MODIFIKASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DASAR

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan media pembelajaran problem solving modifikasi lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pembelajaran konvensional. Dengan adanya perubahan pembelajaran ini juga mempengaruhi pembelajaran yang selama ini digunakan oleh para pengajar atau dosen, yang semula bersifat konvensional menjadi bersifat berbasis masalah. Hal ini dirasakan pada mata kuliah matematika dasar pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Univesitas Putra Indoensia YPTK Padang, dimana diperlukan pengembangan Media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and development sesuai dengan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu Preliminary research, Prototyping stage dan Assessment phase. Pada penelitian ini menjelaskan tahap Preliminary research yaitu tahap awal dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar pada program studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Adapaun analisis masalahnya adalah perlunya pengembangan media pembelajaran problem solving modifikasi dalam  rangka penyesuaian system pembelajaran.