PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING MODIFIKASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DASAR

Authors

  • L. Rismaini Universitas Putra Indonesia"YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.60

Keywords:

Problem Solving Modifikasi, pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan media pembelajaran problem solving modifikasi lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan pembelajaran konvensional. Dengan adanya perubahan pembelajaran ini juga mempengaruhi pembelajaran yang selama ini digunakan oleh para pengajar atau dosen, yang semula bersifat konvensional menjadi bersifat berbasis masalah. Hal ini dirasakan pada mata kuliah matematika dasar pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Univesitas Putra Indoensia YPTK Padang, dimana diperlukan pengembangan Media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and development sesuai dengan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu Preliminary research, Prototyping stage dan Assessment phase. Pada penelitian ini menjelaskan tahap Preliminary research yaitu tahap awal dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar pada program studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Adapaun analisis masalahnya adalah perlunya pengembangan media pembelajaran problem solving modifikasi dalam  rangka penyesuaian system pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Putra Indonesia „YPTK? Padang. Vol 8, No 1 (2017) . Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Farida, F. (2015). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD. Al- Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–32

NCTM (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia : NCTM.

Netriwati, N. (2016). AnalisisKemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika,

(2), 181–190.

Plomp, Tjeered. (2013). Educational Design Research. Netherland: SLO-Netherland Intitute for Curriculum development.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016).Efektifitas Penggunaan Metode pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rismaini, L. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING MODIFIKASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DASAR. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 103-107. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.60