Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemic covid-19 menyebabkan adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan pembelajaran daring, dimana siswa belajar dirumahnya masing masing, tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, seperti mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Guru memegang peranan penting dalam memotivasi siswa, diperlukan strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. 2) Mengetahui faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. 3) Mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer diperoleh dengan mewawancarai guru PAI serta siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Tegalwaru, sumber data sekunder berupa dokumentasi untuk melengkapi hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan melalui dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Tekhnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru adalah dengan menggunakan media sosial whatssapp, penyampaian materi dilakukan dengan metode menerangkan secara umum atau ceramah melalui pesan suara, diskusi didalam grup WA, memberikan keleluasaan untuk bertanya. melakukan evaluasi pada setiap akhir materi yang disampaikan dengan memberikan batas waktu yang ditentukan untuk pengumpulan tugas. bentuk-bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa diantaranya pujian berupa kata-kata atau emoticon, nilai tambahan, menciptakan kompetisi antar teman, serta kata-kata yang baik sebagi dorongan untuk tetap belajar. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring yaitu dari dalam diri siswa itu sendiri ingin mendapatkan nilai yang baik, serta adanya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI, siswa memiliki fasilitas seperti handphone untuk melakukan pembelajaran daring serta guru yg selalu berupaya memberikan motivasi kepada siswa. 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring yaitu adanya gangguan sinyal dibeberapa rumah siswa, ketika siswa kehabisan kuota internet, dan kondisi lingkungan siswa yang kurang kondusif seperti suasana dilingkungan rumah berisik, serta adanya gangguan di rumah sehingga tidak semua siswa standby di grup whatsapp pada saat jam pelajaran. Kata Kunci : Strategi guru, motivasi belajar, pembelajaran daring