Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru

https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.04

Authors

  • Cucu Kholifah Kiti Saadah STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia
  • Asep Lukman Hamid STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia
  • Arief Maulana STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia

Keywords:

Kata Kunci : Strategi guru, motivasi belajar, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemic covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring, dalam hal ini motivasi belajar siswa bervariasi, tidak semua siswa berpartisifasi aktif dalam pembelajaran daring PAI. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru PAI faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan melalui dokumen. Teknik analisis data   menggunakan reduksi  data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru dengan dengan memilih media social yang dianggap paling mudah, yaitu whatsapp, guru menyampaikan materi berupa file, voice note dan melakukan tanya jawab, serta memberikan evaluasi pada setiap akhir materi yang disampaikan dengan waktu yang di tetapkan. bentuk-bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa diantaranya pujian berupa kata-kata atau emoticon, nilai tambahan, menciptakan kompetisi antar teman, serta kata-kata yang baik sebagi dorongan untuk tetap belajar. 2) Faktor pendukungnya yaitu siswa memiliki handphone, adanya motivasi dari guru, adanya minat yang cukup baik pada mata pelajaran PAI, adanya persaingan antar siswa serta siswa yang mementingkan nilai. 3) Faktor penghambatnya yaitu adanya gangguan sinyal dibeberapa rumah siswa, ketika siswa kehabisan kuota internet, dan kondisi lingkungan siswa yang kurang kondusif, seperti suasana dilingkungan rumah berisik, serta adanya gangguan di rumah sehingga tidak semua siswa standby di grup whatsapp pada saat jam pelajaran.

References

Cahyani, Adhetya dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al- qur’an ): Jurnal Pendidikan.123-140.

Daryanto, 2015. Inovasi pembelajaran efektif. Bandung : Yrama Widya

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyono dan Ismail Suwardi Wekke. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Cv. Adi Karya Mandiri.

Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau : Pt Indragiri dotcom

Santika, I Wayan Eka. 2020. Pendidikan Karakter Pada pembelajaran daring.IVCEJ, Vol 3 No 1.

Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar mengajar. Jakarta :Rajawali.

Sugiyono. 2015. Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Cetakan ke 22). Bandung: Alfabeta

Purnomo, Halim. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY

Putra, I Made. 2020. Kurang Efektifnya Pembelajran Daring/E-Learning. Artikel (Online).

Usman, Moh Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiji Lestari. 2021. Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Jambi.

Published

2022-01-30

How to Cite

Saadah, C. K. K. ., Lukman Hamid, A., & Maulana, A. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 57–72. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.04