Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru
Keywords:
Kata Kunci : Strategi guru, motivasi belajar, pembelajaran daringAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemic covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring, dalam hal ini motivasi belajar siswa bervariasi, tidak semua siswa berpartisifasi aktif dalam pembelajaran daring PAI. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru PAI faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan melalui dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru dengan dengan memilih media social yang dianggap paling mudah, yaitu whatsapp, guru menyampaikan materi berupa file, voice note dan melakukan tanya jawab, serta memberikan evaluasi pada setiap akhir materi yang disampaikan dengan waktu yang di tetapkan. bentuk-bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa diantaranya pujian berupa kata-kata atau emoticon, nilai tambahan, menciptakan kompetisi antar teman, serta kata-kata yang baik sebagi dorongan untuk tetap belajar. 2) Faktor pendukungnya yaitu siswa memiliki handphone, adanya motivasi dari guru, adanya minat yang cukup baik pada mata pelajaran PAI, adanya persaingan antar siswa serta siswa yang mementingkan nilai. 3) Faktor penghambatnya yaitu adanya gangguan sinyal dibeberapa rumah siswa, ketika siswa kehabisan kuota internet, dan kondisi lingkungan siswa yang kurang kondusif, seperti suasana dilingkungan rumah berisik, serta adanya gangguan di rumah sehingga tidak semua siswa standby di grup whatsapp pada saat jam pelajaran.
References
Cahyani, Adhetya dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al- qur’an ): Jurnal Pendidikan.123-140.
Daryanto, 2015. Inovasi pembelajaran efektif. Bandung : Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono dan Ismail Suwardi Wekke. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Cv. Adi Karya Mandiri.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau : Pt Indragiri dotcom
Santika, I Wayan Eka. 2020. Pendidikan Karakter Pada pembelajaran daring.IVCEJ, Vol 3 No 1.
Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar mengajar. Jakarta :Rajawali.
Sugiyono. 2015. Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Cetakan ke 22). Bandung: Alfabeta
Purnomo, Halim. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY
Putra, I Made. 2020. Kurang Efektifnya Pembelajran Daring/E-Learning. Artikel (Online).
Usman, Moh Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiji Lestari. 2021. Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Jambi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.