Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana

Abstract

Pendidikan dan kebudayaan adalah dua entitas yang terkait. Matematika sebagai salah satu bidang studi yang bersifat abstrak. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika. Budaya memiliki peran untuk menjadi objek konkret dalam pembelajaran matematika. Budaya dalam matematika disebut etnomatematika. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk alat musik rebana dan mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari guru matematika dan santri pondok Ma'had pada salah satu sekolah di Kabupaten Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya konsep geometri pada bentuk alat musik rebana. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran geometri di sekolah.   Education and culture are two related entities. Mathematics is a field of study that is abstract. As a result, students have difficulty understanding mathematical material. Culture has a role to be a concrete object in learning mathematics. Culture in mathematics is called ethnomathematics. The research aims to explore the shape of the tambourine instrument and relate it to learning mathematics. This research is qualitative research with an ethnographic approach. The data in this study were obtained through interviews, observations, and documentation sourced from mathematics teachers and students of Pondok Ma'had at a school in Demak Regency. The results of this study indicate that there is a geometric concept in the shape of the tambourine musical instrument. The results of this study can be used as a learning resource in learning geometry at school.