Taṣhmīm Lu’bah Al- ghāz Lil Marhalah Aṡ- ṡanawiyyah Fī Ta’līmi Al-Mufrādat

Abstract

Proses pembelajaran seringkali siswa dihadapkan pada pembelajaran yang  kurang  menarik. Setiap guru  hendaknya memiliki desain pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa asing seperti bahasa arab. pembelajaran  bahasa arab yaitu suatu upaya pendidik terhadap peserta didik dalam  interaksi belajar bahasa arab supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kosa kata, begitu juga dengan bahasa arab. Karena kosa kata merupakan unsur utama dalam suatu bahasa. Oleh karena itu peneliti mendesain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran mufradat. Adapun tujuan dalam penelitian  ini adalah untuk mengetahui validitas desain permainan teka-teki silang, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap desain permainan teka-teki silang, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan desain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran  mufradat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket, serta pre test dan post test. Hasil penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata hasil keseluruhan validasi tim ahli yaitu sangat valid. Hasil angket siswa diperoleh respon sangat tertarik dan hasil angket guru diperoleh respon sangat setuju. Dan dari hasil uji t diperoleh hasil t hitung 2,225 dan t tabel 1,860. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil pre test dan post test diperoleh hasil post test (87,4) lebih baik daripada pre test (55,6), Berdasarkan hasil penelitian tersebut, desain permainan teka teki silang tersebut dapat meningkatkan mufradat siswa kelas VIII di MTsS Mukhtariyah Besitang.