Main Article Content

Abstract

Proses pembelajaran seringkali siswa dihadapkan pada pembelajaran yang  kurang  menarik. Setiap guru  hendaknya memiliki desain pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa asing seperti bahasa arab. pembelajaran  bahasa arab yaitu suatu upaya pendidik terhadap peserta didik dalam  interaksi belajar bahasa arab supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kosa kata, begitu juga dengan bahasa arab. Karena kosa kata merupakan unsur utama dalam suatu bahasa. Oleh karena itu peneliti mendesain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran mufradat. Adapun tujuan dalam penelitian  ini adalah untuk mengetahui validitas desain permainan teka-teki silang, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap desain permainan teka-teki silang, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan desain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran  mufradat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket, serta pre test dan post test. Hasil penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata hasil keseluruhan validasi tim ahli yaitu sangat valid. Hasil angket siswa diperoleh respon sangat tertarik dan hasil angket guru diperoleh respon sangat setuju. Dan dari hasil uji t diperoleh hasil t hitung 2,225 dan t tabel 1,860. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil pre test dan post test diperoleh hasil post test (87,4) lebih baik daripada pre test (55,6), Berdasarkan hasil penelitian tersebut, desain permainan teka teki silang tersebut dapat meningkatkan mufradat siswa kelas VIII di MTsS Mukhtariyah Besitang.

Keywords

permainan teka-teki silang pembelajaran mufradat permainan bahasa arab

Article Details

References

  1. أبو شهبة محمد، المدخل لدراسة القرآن الكريم، ( العربية السعودية: دار اللواء، ١٩٨٧)
  2. علي زبادي توفيق ، منهج القران الكريم ( لبنان: دار الكتب العلمية، 1971)
  3. فالح الزعبي علي، التربية الوطنية في الإسلام ( الأردنية : دار المامون، 2009 )
  4. Arikunto Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jafar, Evaluasi Program Pendidikan: PedomanTeoritis Praktisi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)
  5. Hidayatno Akhmad dan Arry , Bermain Untuk Belajar, ( Yogyakarta: LeutikaPrio, 2018)
  6. Setyawan Sigit, Kelas Asyik Dengan Games ( Jakarta: PT Gramedia, 2015)
  7. Setyosari Punaji, desain pembelajaran ( jakarta: PT Bumi Aksara, 2020)
  8. Suardi Moh, Belajar dan Pembelajaran (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
  9. Subana dkk, Statistik Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2005)
  10. Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. (Bandung: Alfabeta,2014)
  11. Pertiwi Diah, Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran (Jakarta: Erlangga, 2005)
  12. Prayitno, Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan, ( jakarta: Gramedia. 2009)
  13. Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan,(Jakarta:Grafindo Persada, 2005)